"Selamat kepada seluruh siswa kelas 12 yang telah menempuh Ujian Nasional. Karena dinyatakan Lulus 100 %

Minggu, 16 Mei 2010

SEJARAH SINGKAT PENDIDIKAN DI SOERJO ALAM


Sekolah menengah Pertama Islam Suryo Alam adalah lembaga pendidikan Islam swasta yang berstatus disamakan, didirikan oleh Yayasan Soerjo Alam, Malang, pada tanggal 01 April 2002.

Sejarah berdirinya SMP Soerjo Alam ini, Konon di daerah yang terpencil tepatnya di lereng gunung Kawi banyak anak yang putus sekolah SD, karena biaya sekolah yang mahal dan masyarakatnya banyak yang kurang mampu, oleh karena itu para guru-guru dan tokoh masyarakat dengan dibimbing oleh Gus Sopan mendirikan sebuah Yayasan Soerjo Alam yang bertujuan membantu meringankan beban masyarakat dalam menyekolahkan putra-putrinya.

Dengan tujuan tersebut maka yayasan Soerjo Alam menyelenggarakan pendidikan umum berupa Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) dan Taman Kanak-kanak (TK) yang di beri nama "Habis Gelap Terbitlah Terang" yang diresmikan oleh Bpk Camat Ngajum pada Tanggal 18 Agustus 2002.


Sebuah gedung sekolah didirikan di atas bukit yang bentuknya seperti sebuah perahu. Dari depan bangunan gedung ini berbentuk seperti perahu. Terdiri dari 6 lokal kelas dengan dua tingkat. Tingkat atas 3 kelas dan di bawah juga tiga kelas. Bentuk jendela juga seperti jendela perahu berbentuk lingkaran-lingkaran. Wow… sebuah pemadangan yang menarik jika Anda bisa melihat langsung kondisi gedung ini. Padahal menurut Gus, saat berbicara dengan saya, sebenarnya maket gedung itu bukanlah perahu. Tetapi angka 17 yang digandeng dalam hal ini menunjukkan ciri kota Blitar karena Gus sendiri berasal dari Blitar. Namun oleh tukang disalah tafsirkan sehingga bentuk bangunan gedung menjadi sebuah perahu.

Sebelum didirikan SMP Islam dan TK terlebih dahulu didirikan Masjid Baitul Alam pada bulan Desember 1997 yang terletak di depan halaman SMPI Islam. Yang dalam pembangunannya sekarang ini masjid itu kelihatan asri dan megah dengan terselesaikannya pembangunan pagar dengan bergambar Wali Sanga.

Adapun dana pembangunan SMP Islam dan TK yang sekarang sudah berkembang SMA Soerjo Alam dikumpulkan swadaya masyarakat melalui yayasan Soerjo Alam dengan kesadaran dan keikhlasan masyarakat itu sendiri

Gus Sopan selaku perintis pendirian sekolah ini boleh dikatakan orang yang punya linuwih. Beberapa ide yang dilemparkan ke masyarakat tak jarang disanggah oleh orang lain. Tetapi Gus Sopan sudah tahu dengan jawaban yang akan dilontarkan. Yang ternyata intinya bisa diterima oleh nalar.

Mungkin ini berkaitan dengan ugeman yang terpahat dipintu gerbang masjid ” Awehono mangan wong kang keluwe, Awehono teken wong kang wuto, awehono geni wong sing kepetengan ”.

” Memang ada yang menarik di sekolah ini, banyak masyarakat yang tidak mampu yang anaknya sekolah di sini. Sehingga kalau dinilai dengan pemasukan untuk operasi pembelajaran dan menggaji guru boleh dikata sangat kurang.” jawab Yudip Mulyono,S.Pd. yang bertindak sebagai Kepala Sekolah sejak Tahun 2009 lalu.

KURIKULUM KEPENDIDIKAN YAYASAN SOERJO ALAM

Al-Qur'an; Hadist; Aqidah;  Akhlaq; Fiqih; Sejarah; Kebudayaan Islam; Bahasa Arab; PPKn; Bahasa
Indonesia; Sastra; Matematika; Kerajinan Tangan;  Kesenian Pend. Jasmani; Kesehatan; Bahasa Inggris; Komputer; Membaca Al-Quran; Menghafal Al-Quran; Muhadatsah; Muthola'ah; Insya' ; Nahwu/ Sharaf; Imla' ; Mahfudlot; Tamrinat; Fiqih Ibadah; Khot/ Kaligrafi; Conversation; Structure; Reading; Tafsir; Hadist; Ilmu; Tajwid; Fisika; Sejarah Nasional & Umum; Biologi; Ekonomi / Akuntansi; Sosiologi; Geografi; Ushul Fiqih; Baca Kitab; Ulumul Qur'an; Ulumul Hadist; Ilmu Mantiq; Balaghoh; Dakwah; Tasawuf.

METODE PEMBINAAN SANTRI

1.  Semua kegiatan yang diselenggarakan oleh pondok bernilai pendidikan, yaitu meliputi pelaksanaan ibadah, tata hidup berasrama, kegiatan belajar mengajar maupun ekstrakulikuler.

2.  Pembinaan santri dilakukan dalam proses keseharian dengan menanamkan nilai-nilai Islami melalui nilai-nilai lingkungan. Berikut kegiatan pesantren dalam rangka pembinaan :

a. Muhadloroh ( latihan berpidato dalam tiga bahasa, Arab, Inggris, Indonesia).

b. Muhadatsah (penambahan kosa kata bahasa melalui latihan percakapan)

c. Tasji'ullughoh (peningkatan bahasa melalui peningkatan bahasa)

d. Kajian Kitab (penambahan khasanah ke ilmu)

3. Tidak hanya pendidikan yang berorientasi pada pelatihan rohani saja, melainkan juga mencakup kesehatan jasmani. Banyak pilihan kegiatan yang dapat dilakukan oleh santri, berikut diantaranya :

a. Pramuka

b. Kerja Bakti

c. Halaqoh/ Kajian Dienul Islam

d. KESENIAN BAND, MARCHING BAND, JARANAN, REOG dan GAMELAN.

e. Olahraga: i. Sepakbola     ii. Sepak Takraw     iii. Bulu Tangkis    iv. Volley

    Ball    v. Tennis Meja   vi. Pencak Silat   vii. Pecinta Alam    x. Kelompok Karya

    Ilmiah

4. Hari libur dalam satu minggu adalah 1 hari yaitu hari Minggu, sedangkan hari libur pondok; libur akhir  semester, libur Ramadhan/ 'Idul Fitri, 1 Muharram, 17 Agustus dan libur 'Idul Adha.

SUMBANGAN

Bila saudara hendak menyalurkan sumbangan kepada yayasan Suryo Alam, anda bisa datang langsung ke alamat kami :



ALAMAT : 

SMP ISLAM SOERJO ALAM : Desa Sembon durenan RT 01/RW 09 Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur , kode pos 65164,  Telpon (0341) 703 9345 - 0812 333 77 211

Atau melalui Rekening Bank Kami:

BCA KCP KEPANJEN   No Rek : 123 033 1134,  Atas Nama : Sentot Setiaji / Sri Wahyuni,  Alamat Bank : BCA KCP KEPANJEN, MALANG, JAWA TIMUR.

BRI UNIT KEPANJEN   No Rek : 0516-01-000 397-50-7  Atas Nama : Yayasan Surjo Alam,  Alamat Bank : BRI KEPANJEN, MALANG, JAWA TIMUR

maqam baqa, baqa langgeng tan goyah tan kena kinaya ngapa


0 komentar:

 
Powered By Blogger
Powered By Blogger
Powered By Blogger

Great Morning ©  Copyright by SMP-SMA SOERJO ALAM | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks